Monday 24 February 2014

Mengubah dokumen JPG ke file PDF


Mengubah dokumen JPG ke file PDF

Hai sobb pelajaran sekarang yg akan kita bahas adalah cara mengubah file jpg ke file pdf.

pertama kamu harus memiliki software Adobe Acrobat.
Kali ini saya menggunakan software Adobe Photoshop. Karena scan kita lakukan menggunakan paint , otomatis file tersimpan dalam format gambar. Buka gambar anda di Photoshop , setelah itu klik menu File > Save as







setelah itu akan muncul tampilan seperti ini





tentukan letak dimana anda akan menyimpan file tersebut, lalu pilih Photoshop PDF di bagian format, dan klik save untuk menyimpan.

Cara diatas hanya digunakan untuk mengubah file ke bentuk PDF secara satu persatu. Jika anda ingin menggabungkan file ke format PDF atau lebih dikenal dengan eBook, tidak perlu melakukan cara diatas karena kita bisa menggabungkan file nonPDF menjadi satu PDF menggunakan Adobe Acrobat.

langsung saja, pertama buka folder tempat anda menyimpan file yang akan digabung. Blok semua file yang akan digabung lalu klik kanan dan pilih combine




setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah




disini anda diminta menyusun halaman . Jika file yang akan digabung adalah sebuah buku, susunan halaman sangat penting untuk kemudahan kita dalam membaca. Saran saya namakan file dengan nomor 01, 02, 03 ,....,10,11,12, dst. dengan demikian file akan tersusun halamannya berdasarkan nomor. Setelah selesai klik next.




pilih merge file lalu klik create. Tunggu beberapa saat, dan selesai. Kini file anda sudah berbentuk eBook PDF.

No comments:

Post a Comment