Thursday 7 August 2014

Fakta Unik Tentang Orang Sunda





Suku yang satu ini adalah merupakan salah satu yang paling bisa dikomersilkan selain Tegal. Seringkali yang diambil adalah logatnya. Oleh sebab itu seringkali Sunda menjadi salah satu yang terkenal di Indonesia. Berikut 5 fakta tentang orang-orang Sunda.


1. Mencampur Bahasa

Entah kenapa orang sunda meskipun sudah berbahasa Indonesia tetap saja selalu diikuti kata “Atuh…” dengan logat yang khas, atau sering juga diikuti dengan kata “teh…”, contoh mengatakan “Itu teh sudah pintar”. Mereka sangat sulit menghilangkan. Ini bukan seperti orang jawa lho yang medok berbahasa Indonesia, tapi orang Sunda seringkali mencampurkan bahasa. Selain dua kata di atas juga ada kata lain, seperti “Nya”, “Mereun”, atau “Mah”.

2. Tidak Bisa Huruf F


Ini juga mungkin karena bawaan bahasa Sunda, seringkali orang Sunda tidak bisa mengucapkan huruf F. mereka selalu menggantinya dengan huruf P. jadi kalau baca huruf arab selalu mengatakan “Al Patihah”. Memang tidak semua, tapi hampir kebanyakan seperti itu. Ga’ percaya? Dengarkan saja mamah Dedeh. Meskipun sudah sedikit samar, tapi huruf F masih sedikit P. kalau candaannya sule “Kata siapa orang sunda tidak bisa huruf F, itu mah Pitnah”.


3. Lemah Lembut


Boleh dikatakan bahasa Sunda merupakan bahasa yang paling lembut se Indonesia, bahkan mungkin sedunia kalau mereka sudah dengar. Gadis-gadis yang berasal dari Sunda memiliki tutur kata yang santun, dengan cengkok yang sangat Indah khas langgam sunda. Gaya bicara mereka sangat asik didengar. Enak sekali mendengar gadis cantik dari sunda kalau sudah berbicara.


4. Religius

Orang asli Sunda religiusitasnya tinggi, mereka sangat mengutamakan sholat lima waktu. Kalau bicara asli Sunda maka bisa dilihat didaerah semacam Tasik, dan Cianjur. Banyak pondok-pondok pesantren, dan masjid-masjid sering menjadi tempat-tempat berkumpul. Biar jadi orang sukses atau orang susah, yang penting sholat. Ini pesan dari leluhur. Jangan heran kalau slogan kota-kota di jawa barat selalu bernuansa agama Islam. Seperti Cianjur Gerbang Marhamah, Bogor Beriman, dan Bandung bermartabat.


5. Berkulit Putih


Mayoritas orang sunda memang berkulit putih, hampir dikatakan rata-rata meskipun tidak semua. Konon karena letaknya yang di dataran tinggi plus konsumsi mereka lalapan yang berasal dari dedaunan alami, bahkan ujung daun muda mangga saja bisa dilalap. Satu lagi yang menjadikan mereka kelihatan putih dan cantik, orang sunda memiliki gengsi tinggi. Kalau misalnya, tidak rapi mereka risih, kalau keliatan tidak putih mereka malu.

No comments:

Post a Comment